Selasa, 11 Juli 2017

Tugas MYOB Perusahaan Jasa

  PERUSAHAAN JASA
LPK PRADIENA







TUGAS KELOMPOK
Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat UAS mata kuliah Aplikasi Komputerisasi Akuntansi


ERNA SUSANTI (11150545)
ARNI SUMARLIN (11150715)
PRAMUDITA WAHYU W (11150313)
ROY LEONARDO ( 11150755 )
PITRIYANI (11150765 )


Program Studi Akuntansi
Kelas 11.4B.03
Akademi Manajemen Informatika dan Komputer
Bina Sarana Informatika





KATA PENGANTAR

Alhamdullillah kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada akhirnya kami dapat menyelesaikan Makalah Aplikasi Komputerisasi Akuntansi III (MYOB V.12) ini dengan baik. Oleh karena itu pada kesempatan ini, kami ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dosen, Asisten Dosen & Tim yang sudah membantu menyelesaikan Makalah ini

Derasnya arus informasi perlu ditunjang oleh sistem informasi akuntansi yang cepat, relevan dan akurat khususnya berkaitan dengan berbagai transaksi internal, lintas fungsional dan transaksi eksternal yang makin meluas dan melintas batas negara.
Kerumitan berbagai transaksi bisnis membutuhkan dukungan teknologi komputer yang memungkinkan untuk mengelola informasi akuntansi secara cepat, relevan dan akurat. Perkembangan teknologi komputer yang demikian pesat dalam perangkat keras dan perangkat lunak semakin memberikan kekuatan bagi entitas bisnis untuk mengelola informasi akuntansi dengan perangkat lunak komputer.

Akhir kata semoga makalah ini dapat berguna bagi kami pada khususnya, dan bagi para pembaca yang berminat pada umumnya.


Tangerang , 22 Mei 2017




Penulis










DAFTAR ISI
Kata Pengantar ................................................................................................... ii
Daftar Isi ........................................................................................................... iii
CHAPTER I........................................................................................................ 1
1.1  Perkenalan MYOB Premier Multi Currency...................................................... 1
1.2  Setup Currency symbol & Date Format............................................................. 2
CHAPTER II....................................................................................................... 4
2.1 Informasi Umum Perusahaan.................................................................. 4
2.2 Setup Mlti Currencies............................................................................. 9
2.3 Daftar Mata Uang................................................................................. 10
2.4 Setup Account....................................................................................... 11
2.5 Mengimport Akun................................................................................. 14
CHAPTER III................................................................................................... 17
3.1 Setup Linked Account........................................................................... 17
3.1.1 Setup IDR Linked Account ....................................................... 17
3.1.2 Setup USD Linked Account ...................................................... 19
3.1.3 Setup Pajak Linked Account ..................................................... 21
3.2 Setup Jobs, Categories dan Harga ........................................................ 22
3.3 Setup Opening Balance......................................................................... 24
3.4 Setup Card List .................................................................................... 26
3.5 Setup Saldo Awal.................................................................................. 29
3.6 Setup Persediaan .................................................................................. 32
3.6.1 Setup Item List ........................................................................... 32
3.6.2 Setup Opening Balance Invetory ............................................... 34
CHAPTER IV .................................................................................................. 35
4.1 Transaksi Kas Masuk & Kas Keluar..................................................... 35
4.2 Transaksi Purchase & Transaksi Sales ................................................ 37
4.3 Transaksi Penjualan ............................................................................. 41
4.3.1 Transaksi Penjualan Barang (IDR)............................................. 41
4.3.2 Transaksi Penjualan Barang (USD) ........................................... 42
4.3.3 Transaksi Jasa ............................................................................ 43
4.4 Transaksi Pembayaran Hutang............................................................. 45
4.5 Transaksi Pelunasan Piutang ................................................................ 46
4.6 Transaksi Sales Untuk Pengembalian Barang ..................................... 47
4.7 Transaksi Purchase Untuk Pengembalian Barang ............................... 48
4.8 Jurnal Umum ........................................................................................ 49
4.9 Laporan ................................................................................................ 50










CHAPTER I

MYOB PREMIER V.16 SISTEM MULTICURRENCY

1.1             Perkenalan MYOB Premier V.12 Multi Currency

Salah satu kelebihan utama MYOB Premier dibandingkan dengan produk MYOB lainnya adalah fasilitas multi currency. Saat anda membuat file baru fasilitas ini tidak langsung diaktifkan oleh MYOB Primer. Anda masih harus mengaktifkan sendiri fitur dan fitur ini tidak ada di MYOB Accounting. MYOB Premier dapat digunakan untuk perusahaan yang menggunakan sistem multi currency (banyak mata uang) dan multi user (banyak pengguna). Langkah-Langkah Persiapan MYOB :

1.      Setup Currency Simbol & Date Format
Format tanggal dan simbol mata uang yang ditampilkan di MYOB, mengikuti simbol mata uang dan setting yang telah ditentukan di dalam local currency(multi currency) di menu list-currencies.

2.      Setup Company File & Company Information Preference
Buat file baru di MYOB, sekaligus menentukanperiode pembukuan yang dipilih,menentukan tipe akun yang dibuat dan menentukan letak file.myoakan ditempatkan.

3.      Setup Currency List
Tentukan dan seting mata uang local dan mata uang asing yang akan digunakan di MYOB Multy Currency.

4.      Setup Daftar Account
Daftar akun sudah dibuat di notepade maka file tersebut bisa diimport ke dalam MYOB.

5.      Setup Link Account
Tetapkan linked account yang menyebabkan MYOB membuatkan jurnal otomatis, baik untuk transaksi pembelian dan penjualan di mata uang lokal maupun transaksi pembelian dan penjualan dengan mata uang asing.
6.      Setup Pajak
Susun format untuk pencatatan dan penghitungan Pajak Pertambahan Nilai (PPN), linked akun PPN masukan dan keluaran, serta tarif pajak yang berlaku.
7.      Setup Jobs, Category, dan Harga.
8.      Setup Saldo Awal melalui Opening Balance dengan pertukaran mata uang USD
9.      Setup Card List Customer & Supplier
10.  Setup Saldo Awal Customer dan Supplier
11.  Setup Persediaan
12.  Transaksi Purchase
13.  Transaksi Sales

1.2 Setup Currency Symbol & Date Format

Sebelum menjalankan aplikasi myob V16 seting terlebih dahulu format tanggal dengan cara:
Ø  Klik START > CONTROL PANEL
Ø  Click Clock , Language , and Region
Ø  Click Region and Language













CHAPTER II

STUDY KASUS MULTI CURRENCY

Pada bab ini akan dibahas mengenai tahap-tahap penerapan program MYOB ke dalam kasus multi currency di suatu perusahaan.

2.1 Informasi umum perusahaan

Nama Perusahaan        :  LPK Pradiena
Alamat                        : Villa Tomang Baru No. 37,Tangerang, Banten, Indonesia
Nomor Telepon           :  0219090878
Nomor Fax                  :  0219090879
Email                           :  pradienalpk@gmail.com
LPK Pradiena adalah suatu lembaga pendidikan kursus Komputer yang di kepalai oleh Ir. Tony . Setiap jenis kursus memiliki biaya masing-masing , dan biaya kursus belum termasuk modul , maka dari itu LPK Pradiena juga menyediakan modul untuk dijual kepada peserta kursus guna menunjang kegiatan di LPK Pradiena . Periode akuntansi yang berlaku adalah 12 bulan , berlaku mulai bulan Januari sampai dengan Desember 2016. Kebijakan akuntansi yang digunakan perusahaan:
·         Periode akuntansi berawal pada 1 Januari dan berakhir pada 31 Desember 2016.
·         Menggunakan mata uang : IDR (Rp) dan dollar Amerika (USD).
·         Exchange Rate untuk mata uang USD sebesar Rp 13.000,00.
·         Format tanggal “DD/MM/YYYY”.
·         Menggunakan Satuan : Unit.
·         Bank (USD) digunakan untuk pembayaran hutang usaha USD dan piutang usaha USD.
·         Daftar perkiraan disediakan dengan file ACCOUNT.txt melalui proses import account
Sistem pengkodean:

  • ·         Faktur Pembelian        : FB+ no urut fb/BlnThn
  • ·         Faktur Penjualan         : FJ+ no urut fj /BlnThn
  • ·         Kas Keluar                  : KK+ no urut kk/ TglBlnThn
  • ·         Kas Masuk                  : KM+ no urut km/ TglBlnThn
  • ·         No PO                         : PO + No urut PO
  • ·         Faktur Retur                : R+No urut returs/BlnThn



v Membuat Akun Perusahaan
Buka MYOB Premiere V16 → Create


Pertama adalah tampilan Introduction , langsung saja klik tombol Next



Kedua adalah Company Information , isi kolom sesuai data Perusahaan. Untuk menjadi perhatian , apabila  aplikasi meminta kita untuk mengisi kolom Bussiness Reg No* isi kolom dengan 4digit angka bebas , setelah itu tekan Next

 

Ketiga adalah Accounting Information, isi kolom Current Finance Year dengan 2017 , periode akuntansi 12 bulan dari Januari sampai dengan Desember

 
Keempat adalah Account List , terdapat tiga pilihan check box namun yang kita gunakan adalah check box ke pertama , lalu klik Next .



Kelima adalah Select account list , karena ini adalah perusahaan jasa maka kitapilih Industry Classificationnya adalah ‘Service’ dan type of businessnya adalah ‘Educational Institution’ lalu klik next





Keenam adalah Company File , untuk mengubah tempan penyimpanan data kita bisa gati dengan memilih tombol Change lalu kita atur dimana akan menyimpan data . Jika tidak mengganti tempat penyimpanan langsung klik next



Ketujuh adalah Conclusion , klik tombol Command Centre lalu klik next



Setelah selesai lalu muncul tampilan seperti dibawah


Jika sudah selesai maka tampilannya akan seperti ini . Selanjutnya adalah menentukan daftar akun yang akan digunakan dalan menjalankan program MYOB Premier V16.

2.2 Setup Multi Currencies

Untuk mengaktifkan fungsi multi currency pada MYOB dengan cara:
v  Dari Menu Bar pilih menu Setup→ Preferences.
v  Pada bagian System pilih “I Deal in Multiple Currencies


v  Kemudaian akan tampil pesan seperti dibawah ini , lalu klik OK.


2.3 Daftar Mata Uang

Berikut daftar mata uang yang perlu dibuat
Currency Code
Currency name
Exchange Rate
Currency Symbol
USD
United State Dollars
13.000
US$

IDR
Indonesia Rupiah
1
Rp


1.    Pilih Menu List – currencies.
2.    Klik anak panah di baris singapuredollars (local) atau klik Edit (Alt D).
3.    Ganti kode mata uang dari SGD menjadi IDR, namanya dari SingapureDollarsmenjadi Rupiah, dan simbolnya dari S$ menjadi Rp (tanpa titik).

4.         Klik OK.
5.         Kemudian klik edit untuk membuat mata uang lainya, yaitu mata uang USD.
6.         Untuk Mata Uang USD ganti menjadi Exchange Rate menjadi Rp. 13.000.


2.4 Setup Account


1. New Account List Dengan Mengganti mata uang USD
Ø  Modul Account  Account List.
Ø Pada tab account pilih New Kemudian buat account Cash (USD) dengan type account adalah bank, seperti gambar dibawah ini:


2. Mengganti mata uang Account Cash (USD) yang semula IDR menjadi mata uang USD
Ø Klik menu edit, pada tab Detail ganti currency menjadi USD.
Ø Buat currency exchange Account untuk nilai tukar IDR dengan USD seperti dibawah ini:



 
Ø Kemudian klik OK.

Pada Currency Exchange Account akan tampil secara otomatis dengan kode akun 1-0111 Cash (USD) Exchange.
    Maka secara otomatis akan terbentuk account cash (USD) exchange.
    Edit akun 1-0111 Cash (USD) Exchange, Account Type ubah menjadi Bank.

 
Tambahkan akun di bawah ini:
Account
Acc Name
H/D
Acc Type
1-0110
Cash (USD)
D
Bank
1-0120
Bank ( USD )
D
Bank
1-0210
Trade Debtors (USD)
D
Account Receivable
2-0210
Trade Creaditors (USD)
D
Account Payable

Lakukan langkah yang sama untuk pembuatan account yang menggunakan mata uang asing (USD).

Edit Acccount Type untuk akun dibawah ini:
Account
Acc Name
H/D
Acc Type
1-0111
Cash (USD) Exchange
D
Bank
1-0121
Bank ( USD ) Exchange
D
Bank
1-0211
Trade Debtors (USD) Exchange
D
Account Receivable
2-0211
Trade Creaditors (USD) Exchange
D
Account Payable

*Catatan: untuk account yang terdapat (exchange) mata uang jangan diubah,tetap menggunakan rupiah (IDR) karena untuk mengetahui nilai Rupiah dari US$ ke Rp
 

2.5 Mengimport Akun

Untuk mempercepat proses pembuatan akun baik header maupun detail bisa dilakukan dengan cara melakukan import dari file yang sudah disediakan.
Berikutini langkah melakukan import daftar akun:
1. Buka menu File→Import Data → Accounts → Account Information.
2. Akan tampil jendela Import File. Pada pilihan Duplicate Records pilih menjadi Update Existing Record.
3. Klik Continue.
4. Cari LETAK daftar akun yang akan di import.
5. Klik Open.


6. Pasangkan Kolom Kiri dengan Kolom kanan, dengan cara:
Ø  Klik pada Satu Field di kolom kiri
Ø  Klik pada Field yang sama di kolom kanan.
Ø  Hingga tampak seperti gambar di bawah ini , lalu klik Import



Proses impor akan dijalankan oleh MYOB. Kemudian hasil impor akan ditampilkan pada jendela MYOB Premier. Without error yaitu menampilkan berapa jumlah akun yang berhasil diimpor tanpa kesalahan. Skipped yaitu jumlah akun yang gagal diimpor. Warnings yaitu akun yang tetap diimpor dengan beberapa data yang diabaikan.


Catatan :
ü  Untuk melihat log (catatan) hasil import di folder yang sama dengan data MYOB ditempatkan.









CHAPTER III

SETUP MODUL ACCOUNT

3.1 Setup Linked Account

Setelah membuat data akun baru, MYOB telah menyediakan beberapa dari default account list yang tidak dapat dihapus, tetapi dapat digantikan dengan nomor dan nama akun yang lain. Hal itu dikarenakan akun tersebut telah terhubung dengan akun dan form lain yang nantinya akun tersebut akan membuatkan jurnal otomatis yang terjadi transaksi yang berkaitan dengan akun tersebut.
Akun yang terhubung tersebut melekat di empat tempat, yaitu:
·          Linked account yang diisikan dari menu setup.
·          Linked account yang diisikan dari menu List - Currencies.
·          Linked account yang diisikan dari menu List - Tax Codes.
·          Linked account yang diisikan dari menu List - Items.

3.1.1 Setup Link Accounts & Banking Accounts
Pilih Menu Setup →Linked Account → Account & Banking Accounts



3.1.1 Setup IDR Linked Account

a.       IDR Sales Link Account
Ø  Buka dari menu List→Currencies.
Ø  pilih baris mata uang Rupiah (Local) →klik Edit.


 Isikan 2 Linked account pada tab Receivable Accounts seperti berikut ini.
·         Liability Account for Tracking Receivables → 1-1120 Piutang Usaha

·         Bank Account for Customer Receipt in this Currency 1-1111 Bank BCA


b.      IDR Purchase Link Account
Isikan 2 Linked account pada tab Receiveable Accounts seperti berikut ini.
·         Liability Account for Tracking Receivables → 2-1100 Hutang Dagang
·         Bank Account for Paying Bills → 1-1111 Bank BCA



3.1.2 Setup USD Linked Account

Jika terjadi pembelian dan penjualan dengan mata uang asing maka kita harus menentukan kembali link acount untuk setiap mata uang asing tersebut.

a. USD Sales Link Account
Ø  Buka dari menu List →Currencies.
Ø  pilih baris mata uang United States Dollars, klik Edit.
Isikan 2 Linked account pada tab receivable seperti berikut ini.

  • ·         Asset Account for Tracking Receivables berisi1-0210 Trade Debtors (USD)
  • ·         Bank Account for Customer Receipt berisi 1-0110 Bank (USD)


b.      USD Purchase Link Account
Isikan 2 Linked account pada tabPayable Accounts seperti berikut ini.

  • ·         Liability Account for Tracking Payables berisi 2-0210 Trade Creditors (USD)
  • ·         Bank Account for Paying Bills Berisi 1-0110 Bank (USD)


3.1.3 Setup Pajak Linked Account

Berikut kode pajak yang perlu di buat:
Tax Code
PPN
N-T
Description
Pajak Pertambahan Nilai
Non –Taxable
Tax Type
Good & Service Tax
Sales Tax
Rate
10%
0%
Tax Collected
2-3100Pajak Masukan
2-3100Pajak Masukan
Tax Paid
2-3200Pajak Keluaran
-

Dari Menu Bar Pilih List → Tax code → New



/

3.2  Setup Jobs, Categories dan Harga

1.      Jobs
 Jobs oleh MYOB diartikan sebagai suatu bagian pekerjaan dalam perusahaan. Dengan menggunakan fasilitas job ini, perusahaan dapat melihat dan menganalis laba atau rugi atas bagian pekerjaan tersebut.

 Berikut daftar jobs yang perlu dibuat:
Job No
Job Name
P
Products

- Pilih menu List. Jobs.New


2.       Category
            MYOB menyediakan satu fasilitas tambahan lagi untuk bisa memisahkan laporan perdevisi, cabang, tau kategori. Category yang dimaksudkan di sini nantinya kita bisa melihat laporan laba rugi. Bisa melihat laporan neraca, laporan buku besar, dan per kategori. Selain itu category bisa juga diklasifikasikan sebagai departemen suatu perusahaan yang bersifat cost centre.
Daftar kategori yang perlu dibuat, seperti berikut:
Categories ID
Categories Name
L
LOCAL
O
OVERSEAS
- Setup Category . Pilih menu List category.New
- Lakukan Langkah yang sama untuk Categoties O.
 

3.       Price Level
Price ID
Price Name
A
IDR
B
USD

- Pilih Menu List, Pilih Costum list & field names.
- Pilih Price Levels, isikan data seperti gambar di bawah ini:




3.3 Setup Opening Balance

Saldo awal neraca bisa dimasukkan dalam satu form secara langsung. Selain melalui menu setup – balance – account opening balance. Saldo awal akun juga bisa dimasukkan langsung di dalam akun itu sendiri di field opening balance. Tetapi, jika jumlah akun yang dimasukkan saldonya banyak maka memasukkan dengan cara tersebut akan lebih lama. Atau saldo awal juga bisa dimasukkan dengan cara membuatkan satu jurnal dari menu accounts – record journal entry.
Berikut cara yang di anjurkan untuk mengisikan saldo awal neraca yaitu :
- Pilih Menu Setup .Balance . Account Opening Balance
- Tambahkan untuk saldo awal sbb:
Akun dengan mata uang asing, disikan sebesar nilai mata uang asing maka oleh MYOB akan dihitung sebesar nilai exchange-nya dari kurs yang diisi di menu list – curriencies.

LPK PRADIENA
NERACA SALDO
Per tanggel 1 Januari 2016
Kode Akun
Nama Akun
Saldo
1-0110
Cash USD
 US$200
1-0111
Cash USD Exchange
 Rp. 2,599,800
1-0120
Bank (USD)
 US$400
1-0121
Bank (USD) Exchange
 Rp. 5,199,600
1-0210
Trade Debtors (USD)
 US$150
1-0211
Trade Debtors (USD) Exchange
 Rp. 1,949,850
1-1101
Kas kecil
Rp. 3,000,000
1-1100
Kas
 Rp. 5.000.000
1-1111
Bank BCA
 Rp. 24,740,000
1-1112
Bank BNI
 Rp. 25.000.000
1-1120
Piutang Usaha
 Rp. 10.000.000
1-1160
Peralatan Lab. komputer
 Rp. 15.000.000
1-1170
Ak. Dep Peralatan Lab kom
 (Rp. 750.000)
1-1190
Peralatan Kantor
Rp. 10,000,000
1-1191
Ak.Dep. Peralatan Kantor
 (Rp.  300,000 )
1-1210
Kendaraan
Rp. 50,000,000
1-1220
Akm.Peny.Kendaraan
 (Rp. 2,500.000)
1-3320
Persediaan Modul
Rp. 4,960,000
2-0210
Trade Creditors (USD)
 US$400
2-0211
Trade Creditors (USD) Exchange
 Rp. 5,199,600
2-1100
Hutang Usaha
 Rp. 6,700,000
2-1110
Hutang Gaji
Rp. 7,000,000
2-2100
Hutang Bank BCA
 Rp. 60.000.000
2-3600
Uang SPP
Rp. 7,000,000

3-1000
Modal LPK Pradiena
Rp. 50,000,000
3-2000
Prive Pemilik
Rp. 10,000,000
3-3400
Dana Beasiswa
Rp 8,000,000

Pastikan jumlah Amount left to be allocated nya adalah Rp. 0,00 yg artinya adalah balance
Setup Card List ( Currency US Dollar )
- Pilih menu Card File pilih jenis Customer.


- Ubah item price level menjadi USD pada Tab Selling Detail

3.4 Setup Cards List (Currency IDR)

a. Data Customer
- Pilih menu Card  File – Card Lis-  pilih jenis CustomerNew.
- Isi data seperti gambar dibawah i
Card Type  : Customer
Country   : Indonesia
Currency  : IDR

- Pada tab Selling DetailUbah data untuk:
Item price level    : IDR
Tax Code              : PPN
Freight Tax Code : PPN

Card Type
Nama Peserta
Country
Opening Balance
Customer
SMP 5 TAngerang
Indonesia
Rp. 4.000.000
Customer
SMK 1 Tangerang
Indonesia
Rp. 6.000.000
Customer
Delta College
Amerika Serikat
US$ 100
Customer
Kumon
Amerika Serikat
US$ 50
Supplier
Taufik Offset
Indonesia
Rp. 5.000.000
Supplier
Rangkubang ATK
Indonesia
Rp. 1.700.000
Supplier
Penguin Computer
Amerika Serikat
US$ 300
Supplier
Mars Printing
Amerika Serikat
US$ 100
Employee
Dina
Indonesia

Employee
Grace
Amerika Serikat


b. Data Supplier
- Pilih menu Card  File – Card List
- pilih jenis SupplierNew.
- Isi data seperti gambar dibawah ini:
   Card Type  : Supplier
   Country  : Indonesia
   Currency  : IDR

Pada tab Buying Details Detail Ubah data untuk:
Tax Code              : PPN
Freight Tax Code : PPN


c. Data Employee
- Pilih menu Card  File – Card List
- pilih jenis EmployeeNew.
- Isi data seperti gambar dibawah ini:
   Card Type  : Employee
   Country  : Indonesia
   Currency  : IDR


3.5 Setup Saldo Awal

a. Setup Saldo Awal Customer ( USD )

- Pilih Menu Setup . Balance . Customer Balance
- Pilih Customer [Delta College]
- Klik Add sale (Pastikan Currency diganti menjadi USD)



- Pilih Menu Setup . Balance . Supplier Balance
- Pilih Supplier [SMP 5 Tangerang]
- Klik Add sale (Pastikan Currency diganti menjadi IDR)
- Hingga Muncul pesan seperti berikut:


b. Setup Saldo Awal Supplier (USD)
Merupakan alokasi total hutang yang telah diinput di Account Opening Balance. Jadi Total         Nominal yang dialokasikan harussama dengan nominal hutang di Account Opening Balance.
-                Langkah mensetup saldo awal Supplier:
-                Pilih Menu Setup lalu Balance  lalu Supplier Balance
-                Pilih Supplier [Mars Printing]

  • Klik Add Purchase (Pastikan Currency diganti menjadi USD)


- ketik semua list supplier Hingga Muncul pesan seperti berikut dibawah lalu klik OK







3.6. Setup Persediaan (Inventory)

3.6.1. Setup Item List

Setup Items List dengan data sebagai berikut:

Item
M01
M02
P01
P02
Name
Modul Java
Modul MYOB
Pemrograman Java
Aplikasi Akuntansi
I Buy
5-1000
HPP (Produk )
5-1000
HPP (Produk )
5-2000
HPP (Jasa )
5-2000
HPP (Jasa )
I sell
4-1000
Penjualan Modul
4-1000
Penjualan Modul
4-2000
Pendapatan Jasa
4-2000
Pendapatan Jasa
I Inventory
Persediaan Modul
Persediaan Modul
Buying Tax
PPN
PPN
PPN
PPN
Min. Level
1
1
1
1
Selling Price
Rp. 130,000
Rp. 104,000
Rp. 1,300,000
Rp. 1,170,000
Price Level USD
US $ 10
US $ 8
US $ 100
US $ 90
Selling Tax
N-T
N-T
-
-
Unit
Pcs
Pcs
-
-

- Pilih Modul Inventory
- Item List. New.
- Pada tab profile tentukan kode item (kode barang), nama item, keterangan
   lainnya.

Perhatikan contoh gambar di bawah ini:
·         Tab Profile



·         Tab Buying Details


·         Tab Selling Details

- klik OK.
- Lakukan langkah yang sama untuk item  selanjutnya.
*Untuk item P01 dan P02Pilihan I Inventory tidah di isi karena tidak dijadikan persediaan.









3.6.2. Setup Opening Balance Inventory (Adjust Inventory)

Inventory Journal
IJ000001
Date
03/01/2017
Memo
Inventory Opening balance
Item
M01
M02
Name
Modul Java
Modul MYOB
Quantity
20
37
Unit Cost
Rp. 2.600.000
Rp. 3.848.000
Account
1-0300 Inventory
1-0300 Inventory
Catagory
L (Local)
L (Local)

Langkah-langkah untuk setup opening Balance Inventory, yaitu:
1. Pada command center pilih Inventory.
2.  pilih Count Inventory.
3.  Ketikkan jumlah kuantitas setiap barang pada kolom counted.

4. Selanjutnya klik tombol Adjust Inventory!
5. Tampil jendela Default Expense Account. Pilihan ini bisa dikosongkan.
6. Klik Continue!
7. Klik Opening Balance.
8. Lalu isikan harga pokok barang per unit di kolom unit cost, beserta pilihan akun
persediaan pada kolom Account!



CHAPTER IV

Transaksi

4.1 Transaksi Kas Masuk & Kas Keluar

1.      Transfer Antar Bank
BUKTI TRANSFER
No. Cek : TF01
Tanggal : 02 Januari 2017
Pengirim
Bank Tujuan
Bank


:
Bank BCA
:
Bank BII
:
Rp. 5.000.000,00
Penyelesaian :
·         Pilih Modul Account Transfer Money
·         Isi data sesuai format dibawah ini :



2.      Pengisian Kas
BUKTI KAS MASUK
No. Cek : KM010117
Tanggal : 03 Januari 2017
Diterima dari  

Nominal         

Keterangan     

: Bank BCA
: Rp. 2.000.000 (ke Kas )
: Pengisian Kas ( Transfer antar Kas )

Dua Juta Rupiah
Penyelesaian :
·           Pilih modul Account lalu pilih Transfer Money
·           Isikan Data Transaksi seperti pada gambar dibawah ini :

·         Untuk melihat jurnal yang dihasilkan tekan CTRL + R atau klik tombol Journal

4.2 Transaksi Purchase & Transaksi Sales

1.    Transaksi purchase untuk jenis item barang
Tanggal 02 Januari 2017 perusahaan membeli Modul ke Taufik Offset dengan Jenis pembayarannya adalah COD, nomor Bill : FB050117. Jenis barang yang dibeli sbb (dikenakan PPN) :
Jenis Barang
Jumlah
Harga Beli
Kategori
Total Beli
 MO1
15
107.800
 L
Rp. 1.617.000
Total
Rp. 1.617.000
Total Pajak
Rp.    161.700
Total Setelah Pajak
 Rp. 1.778.700

Penyelesaian:
·         Pilih Modul purchases → Enter Purchases.
·         Klik Changes To Bill.
·         Ubah tampilan layout menjadi item
·         Unceklist Tax Inclusive.
·         Ubah Term menjadi C.O.D
·         Isikan data transaksi purchase.
·         Pastikan rate yang digunakan : IDR.
·         Pilih Category menjadi L.
·         Klik Record.




2.   Transaksi purchase untuk jenis item barang ( USD )
Tanggal 02 Januari 2017 perusahaan membeli Modul ke Mars Printing dengan Jenis pembayarannya adalah Tunai, nomor Bill : FB060117. Jenis barang yang dibeli sbb (dikenakan PPN) :
Jenis Barang
Jumlah
Harga Beli
Kategori
Total Beli
 MO2
15
 US$ 6
 O
US$90
Total
US$90
Total Pajak
US$9
Total Setelah Pajak
 US$99

Penyelesaian:
·         Pilih Modul purchases lalu Enter Purchases.
·         Klik Changes To Bill.
·         Ubah tampilan layout menjadi item
·         Unceklist Tax Inclusive.
·         Ubah Term menjadi C.O.D
·         Isikan data transaksi purchase.
·         Pastikan rate yang digunakan : USD.
·         Pilih Category menjadi O.
·         Klik Record.
                                                       


3.    Transaksi purchase untuk jenis item barang ( IDR )
Tanggal 07 Januari 2017 perusahaan membeli Modul ke Taufik Offset dengan Termin 2% 10th Net 30th  after EOM, nomor Bill : FB070117. Jenis barang yang dibeli sbb (dikenakan PPN) :
TAUFIK OFFSET
TANGERANG

Jenis Barang
Jumlah
Harga Beli
Kategori
Total Beli
M01
5
 107.800
L
Rp. 539.000
Total
Rp. 539.000
Total Pajak
Rp.   53.900
Total Setelah Pajak
Rp. 592.900

Penyelesaian:
·         Pilih Modul purchases lalu Enter Purchases.
·         Klik Changes To Bill.
·         Ubah tampilan layout menjadi item
·         Unceklist Tax Inclusive.
·         Ubah Term menjadi 2% 10th Net 30th  after EOM
·         Isikan data transaksi purchase.
·         Pastikan rate yang digunakan : IDR.
·         Pilih Category menjadi L.
·         Klik Record.


          4.  Transaksi purchase untuk jenis item barang ( USD )
Tanggal 05 Januari 2017 perusahaan membeli Modul ke Mars Printing dengan Termin 2% 10th Net 30th  after EOM, nomor Bill : FB080117. Jenis barang yang dibeli sbb (dikenakan PPN) :
Jenis Barang
Jumlah
Harga Beli
Kategori
Total Beli
 MO1
5
 US$ 10
 O
US$50
Total
US$50
Total Pajak
US$  5
Total Setelah Pajak
 US$55

Penyelesaian:
·         Pilih Modul purchases lalu Enter Purchases.
·         Klik Changes To Bill.
·         Ubah tampilan layout menjadi item
·         Unceklist Tax Inclusive.
·         Ubah Term menjadi 2% 10th Net 30th  after EOM
·         Isikan data transaksi purchase.
·         Pastikan rate yang digunakan : USD.
·         Pilih Category menjadi O.
·         Klik Record.





4.3 Transaksi penjualan

4.3.1 Transaksi Penjualan Barang (mata uang : IDR)

LPK PRADIENA
Tangerang
                                                                     
Nomor   : FJ050117                                                          Tanggal : 04 Januari 2017

FAKTUR

Kepada           : SMP 5 Tangerang

Termin            : Tunai

Ket. Barang    : Modul Java 10 unit @130.000,- = Rp. 1.300.000,-
                         
Penyebutan    : Satu Juta Tiga Ratus Ribu Rupiah

   Disetujui Oleh                                                  


 
 ( …………………)                                                          Bagian Penjualan : Dina























Penyelesaian:
·         - Pilih Modul sales lalu Enter Sales
·         - Ubah Layout Menjadi Item
·         - Pilih Tab Invoice lalu Pilih Peanggan Atas Nama SMP 5 Tangerang
·         - Pilih Term menjadi C.O.D
·         - Input data transaksi penjualan.


4.3.2 Transaksi Penjualan Barang  (mata uang : USD)

LPK PRADIENA
Tangerang
                                                                 
Nomor   : FJ060117                                                    Tanggal : 05 Januari 2017

FAKTUR

Kepada           : Kumon

Termin            : Tunai

Keterangan     : Modul MYOB   10 unit @ US$8      =  US$80                                                           

Penyebutan    : Delapan Puluh Dollar


   Disetujui Oleh                                                 


   ( …………………)                                                          Bagian Penjualan : Grace
























Penyelesaian:

·         -  Pilih Modul sales  → Enter Sales
·         -  Ubah Layout Menjadi Item
·         -  Pilih Tab Invoice lalu  Pilih Pelanggan atas nama Kumon
·         - Pilih Term menjadi 2% 10 Net 30 after EOM
·         - Input data transaksi penjualan.





4.3.3        Transaksi Jasa  

LPK PRADIENA
TANGERANG
Nomor   : FJ070117                                                         Tanggal : 06 Januari 2017

FAKTUR

Kepada           : Delta College
Termin            : 2% 10th Net 30th after EOM
Keterangan       : Biaya Kursus Pemrograman Java  Untuk 5 Orang Peserta Baru
                            5 PB @  US$100=   US$500
Penyebutan    : Lima Ratus US Dolar

   Disetujui Oleh                                                  
 

 ( …………………)                                                Bagian Penjualan : Grace



















Penyelesaian :
·       -  Pilih Modul sales lalu Enter Sales
·       -  Ubah Layout Menjadi Service
·       -  Pilih Tab Invoice lalu Pilih Peanggan Atas Nama Delta College
·       -  Pilih Term menjadi 2% 10th Net 30th after EOM
·       -  Input data transaksi penjualan.



4.3.4 Transaksi Jasa 

LPK PRADIENA
TANGERANG
Nomor   : FJ080117                                                         Tanggal : 12 Januari 2017

FAKTUR

Kepada         : SMP 5 Tangerang
Termin          : Tunai
Keterangan     : Biaya Kursus Pemrograman Java  Untuk 6 Orang Peserta Baru
                            6 PB @1.300.000   =  7.8.000
Penyebutan    : Tujuh Juta Delapan Ratus Ribu Rupiah

   Disetujui Oleh                                                  
 

 ( …………………)                                                Bagian Penjualan : Dina



















Penyelesaian :
·       -  Pilih Modul sales lalu Enter Sales
·       -  Ubah Layout Menjadi Service
·       -  Pilih Tab Invoice lalu Pilih Peanggan Atas Nama SMP 5  Tangerang
·       -  Pilih Term menjadi C.O.D
·       -  Input data transaksi penjualan.







4.4     Transaksi Pembayaran hutang (mata uang :  IDR)


Pada tanggal 10 Januari 2017 perusahaan baru melakukan pembayaran hutang PO 007 kepada Taufik Offset . LPK Pradiena mendapatkan diskon sebesar 2% karena melakukan pembayaran sebelum 3 hari .
LPK PRADIENA
TANGERANG
Cheque  : CK 001                                                      Tanggal : 10 Januari 2017

KWITANSI

Kepada           : Taufik Offset
Keterangan       : Pembayaran Hutang PO 007
Nominal            : Rp. 581.042,-
Penyebutan      : Lima Ratus Delapan Puluh Satu Ribu Empat Puluh Dua                      Rupiah


   Diterima Oleh                                               

 
 ( …………………)                                                                   Kasir : Dina




















Penyelesaian:
·         Klik Modul Purchases → Pay Bills
·         lalu Isi kolom sesuai transaksi




4.5 Transaksi Pelunasan Piutang (Mata Uang : USD)



BUKTI KAS MASUK
No. Cek : KM010117
Tanggal : 10 Januari 2017
Diterima dari  

Nominal         

Keterangan     

: Delta College
: US$ 100  ( ke Bank BCA )                                                         
: Pembayaran Piutang FJ030116

Penyelesaian :
·         Pilih Sales→Receive Payment
·         Pilih Customer yang akan membayar piutang [ Delta College]
·         Isi data sesuai form yang ada apa bila sudah selesai klik record

Lalu Tekan CTRL + R untuk melihat efek jurnal dari transaksi tersebut.
Setelah itu Klik Record.

4.6 Transaksi sales untuk pengembalian barang yang rusak (Return & Credit)

Pada tanggal 20 Januari 2016 customer atas nama SMP 5 Tangerang mengembalikan barang yang rusak (Return & Credit) berdasarkan transaksi tanggal 01 Januari 2016 (FJ010116). Untuk retur ,SMP 5 Tangerang  menginginkan pengurangan piutang atas retur yang terjadi. Dengan rincian sebagai berikut:

SMP 5 Tangerang

Form Retur
No Faktur : R010117                                                               Tanggal : 20/01/2017
Jenis Barang
Jumlah
Harga Jual
Category
Total Jual
M01
5
Rp. 100.000
L
RP. 500.000

Penyelesaian:
·         Pilih Modul Sales →Enter Sales
·         Ubah jenis layout menjadi item.
·         Input data transaksi retur. Myob tidak menyediakan kolom untuk retur ,maka dari itu diketik dengan Angka – (minus).






4.7 Transaksi purchase  untuk pengembalian barang yang  rusak (Return & Credit)

Pada tanggal 30 Januari LPK Pradiena  mengembalikan barang yang rusak (Return & Credit) berdasarkan transaksi tanggal 07 Januari 2016 (PO 007) pada Taufik Offset . Untuk retur LPK Pradiena  menginginkan pengurangan hutang atas retur yang terjadi. Dengan rincian sebagai berikut:

LPK PRADIENA

Form Retur
No Faktur : RK010117                                                              Tanggal : 30/01/2017
Jenis Barang
Jumlah
Harga Jual
Category
Total Jual
M01
2
Rp. 107.800
L
RP. 215.600



Total
Rp. 215.600



PPN
Rp.  21.560



 Total Setelah PPN
Rp. 237.160

Penyelesaian:
·         Pilih Modul Purchase →Enter Purchase
·         Ubah jenis layout menjadi item.
·         Input data transaksi retur. Myob tidak menyediakan kolom untuk retur ,maka dari itu diketik dengan Angka – (minus).






4.8 Jurnal Umum

Penyusutan Perlengkapan Kantor (Menggunakan Reccurring)

Tanggal 31 Januari 2017 Perusahaan mencatat biaya penyusutan aktiva tetap
(depreciation)yang dibebankan setiap bulan. Peralatan kantor sebesar Rp. 300.000 dan jadikan recouring Journal per bulan. Rincian sebagai berikut:

General Journal
No : GJ00001                                                                                          Tanggal: 31/01/2017

Keterangan
Nominal
Category
Penyusutan Peralatan Kantor
Rp. 300.000,-
L ( Local )


Penyelesain:
Pilih Modul Account →Record Jurnal Entry
Isikan Datanya sesuai dengan data berikut :
·         


SSetelah mengisi jurnal lalu klik Save as Recuring
·         Isi nama Transaksi → Frekuensi → Alerts→Transaction
·         Lalu klik Save





























4.9 LAPORAN
































































































































































































Share:

1 komentar:

  1. KISAH CERITA SAYA SEBAGAI NAPI TELAH DI VONIS BEBAS,
    BERKAT BANTUAN BPK Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum BELIAU SELAKU PANITERA MUDA DI KANTOR MAHKAMAH AGUNG (M.A) DAN TERNYATA BELIAU BISA MENJEMBATANGI KEJAJARAN PA & PN PROVINSI.

    Assalamu'alaikum sedikit saya ingin berbagi cerita kepada sdr/i , saya adalah salah satu NAPI yang terdakwah dengan penganiayaan pasal 351 KUHP dengan ancaman hukuman 2 Tahun 8 bulan penjara, singkat cerita sewaktu saya di jengut dari salah satu anggota keluarga saya yang tinggal di jakarta, kebetulan dia tetangga dengan salah satu anggota panitera muda perdata M.A, dan keluarga saya itu pernah cerita kepada panitera muda M.A tentang masalah yang saya alami skrg, tentang pasal 351 KUHP, sampai sampai berkas saya di banding langsun ke jakarta, tapi alhamdulillah keluarga saya itu memberikan no hp dinas bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum Beliau selaku panitera muda perdata di kantor M.A pusat, dan saya memberanikan diri call beliau dan meminta tolong sama beliau dan saya juga menjelas'kan masalah saya, dan alhamdulillah beliau siap membantu saya setelah saya curhat masalah kasus yang saya alami, alhamdulillah beliau betul betul membantu saya untuk di vonis dan alhamdulillah berkat bantuan beliau saya langsun di vonis bebas dan tidak terbukti bersalah, alhamdulillah berkat bantuan bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum beliau selaku ketua panitera muda perdata di kantor Mahkamah Agung R.I no hp bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum 0823-5240-6469 Bagi teman atau keluarga teman yang lagi terkenah musibah kriminal, kalau belum ada realisasi masalah berkas anda silah'kan hub bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum semoga beliau bisa bantu anda. Wassalam.....

    BalasHapus